3 Camilan Enak Sederhana yang Wajib Anda Coba di Pulau Derawan

Risky Agung – Derawan bukan hanya terkenal dengan laut dan pantainya yang memesona. Di sini, Anda juga bisa menemukan berbagai makanan khas untuk wisata kuliner, termasuk aneka camilan enak sederhana yang bisa dengan mudah Anda temui di spot-spot wisatanya. Nah, jika Anda penasaran, berikut 3 jenisnya yang wajib Anda coba.

Hasil gambar untuk gambar orang ngemil

1. Sarang Semut

Camilan ini lebih sering disebut masyarakat Derawan dengan nama Kue Jah. Kue khas ini dibuat dari adonan gula merah yang dibentuk mirip mie atau bihun. Selanjutnya, adonan ini dibentuk silinder, mirip drum minyak tanah.

Teksturnya mirip kremes ubi, tapi lebih rapuh. Sedangkan rasanya mirip waffle, sangat manis dan crunchy. Harga satu bungkusnya relatif terjangkau, yaitu Rp5 ribu saja. Selain buat camilan di sana, Anda juga bisa menjadikannya oleh-oleh untuk orang rumah.

Gambar terkait

2. Keminting

Camilan berbentuk belimbing mini ini dibuat dari tepung terigu, tepung tapioka, gula pasir, margarin, telur, dan santan kelapa. Anda bisa mendapati keminting dengan bentuk belimbing mini, tapi agak bulat dan terlihat seperti tehe-tehe, kuliner khas Derawan lainnya.

Bagi Anda penyuka camilan manis dan gurih, kue keminting sangat direkomendasikan untuk Anda coba. Harganya pun cukup murah, karena dengan kocek Rp20 ribu saja, Anda bisa mendapat sebungkus keminting ukuran premium.

Hasil gambar untuk cemilan Keminting

3. Kacang Coklat

Camilan ini merupakan makanan favorit untuk semua usia, dari anak-anak hingga lansia. Kacang coklat dibuat dari kacang tanah, gula, coklat, dan telur. Saat melihat komposisinya, saya kira bentuknya mirip kacang telur, tapi ternyata bukan.

Bentuknya bulat dengan tekstur luar yang tidak rata. Warnanya didominasi warna cokelat, tapi kacangnya masih kelihatan dari luar. Sangat cocok untuk teman santai di malam hari bersama teh atau kopi hangat.

Hasil gambar untuk kacang coklat

Camilan enak sederhana lainnya yang wajib Anda coba adalah kerupuk dan amplang yang dibuat dari berbagai jenis ikan. Selain camilan, Anda juga bisa menjadikannya pelengkap saat makan nasi. Mengingat harganya yang cukup terjangkau, sangat disarankan pula untuk Anda membelinya sebagai buah tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *