4 Kesalahan Mengatur Keuangan yang Sering Dilakukan Kaum Millenial

Risky Agung – Kaum millenial memang dikenal sebagai kaum yang serba praktis. Mereka bisa mengakses apa saja dengan mudah hanya dengan berbagai alat di dekatnya seperti ponsel atau kartu kredit. Saking praktisnya, kadang mereka tak sadar telah melakukan kesalahan mengatur keuangan yang jelas berdampak buruk nanti. Lalu, kesalahan apa yang sering dilakukan itu?

Gambar terkait

  1. Terlalu Lama Mencari Jati Diri

Biasanya, kaum millenial muda rentan terhadap pengaruh dari sana sini. Mereka gampang terpengaruh banyak hal dan mulai mencoba ini dan itu. Oleh sebab itulah mereka tak bisa menentukan jati diri mereka lebih cepat. Tak tahu harus ke mana nantinya atau menjadi apa setelah mereka selesai kuliah nanti. Kesalahan ini apa juga Anda lakukan?

  1. Berkenalan Terlalu Dini dengan Hutang

Ini masalah paling besar yang sering dilakukan kaum millenial sekarang. Mereka gemar berdekatan dengan hutang seperti dengan kartu kredit dan membelanjakannya sesuka hati. Bayangkanlah, seberapa lama Anda harus membayar hutang dari seluruh belanjaan Anda nantinya?

  1. Tidak Ada Inisiatif Mengembangkan Diri

Kebanyakan anak muda sekarang lebih gemar nongkrong sama teman dibanding mencari pekerjaan. Perilaku ini tak jarang mereka lakukan hingga berumur 20 tahunan. Tak ayal, mereka hanya akan terjebak pada pusaran itu. Mereka jadi enggan bekerja apalagi berinvestasi. Inilah yang menjadi jurang keterpurukan keuangan mereka di masa mendatang.

  1. Tidak Ada Komitmen

Komitmen tidak hanya berhubungan dengan urusan perasaan saja, ya! Tapi juga urusan keuangan. Kebanyakan kaum muda sekarang tak punya kemauan yang kuat dalam melakukan apa yang mereka yakini. Mereka bekerja tapi sering bolos atau malas-malasan. Bisa juga bukan seorang pekerja yang aktif. Ini juga merupakan kesalahan yang sering mereka lakukan.

Perlu Anda ingat, mungkin sekarang Anda bisa mendapatkan apa saja karena bantuan orang tua. Tapi, siapa yang bisa menjamin ke depannya? Untuk itulah Anda harus menghindari kesalahan mengatur keuangan sejak dini. Mulailah tentukan tujuan yang jelas untuk masa depan Anda dan tanamkan niat yang kuat untuk mendapatkan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *