4 Penyebab Penolakan Klaim Asuransi Syariah Kendaraan Bermotor

Risky Agung – Asuransi syariah seringkali diidentikan hanya untuk perlindungan pribadi semata. Padahal asuransi jenis ini juga bisa dilakukan untuk memberi perlindungan kendaraan tidak terkecuali kendaraan bermotor. Namun sayangnya banyak orang yang mengeluhkan karena klaim asuransinya mendapatkan penolakannya. Biasanya penolakan tersebut karena 4 penyebab ini.

  1. Tidak Melengkapi Dokuman yang Dibutuhkan

Penyebab pertama penolakan klaim biasanya disebabkan karena Anda tidak melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Kelengkapan dokumen sendiri bisa berupa surat kepemilikan kendaraan bermotor dan surat asuransi kendaraan bermotor. Selain kedua dokumen tersebut maka biasanya juga dilengkapi dengan berbagai dokumen lainnya sesuai permintaan.

Biasanya penambahan dokumen tersebut sangat tergantung dari jenis kerusakan yang dialami oleh kendaraan bermotor Anda. Untuk itulah penting dalam memilih jenis asuransi syariah terbaik untuk perlindungan jangka panjang Anda. Seperti menjadikan AlliSya Protection Plus pilihan karena keunggulannya. Salah satunya ialah bebas dalam menentukan pembayaran premi.

  1. Polis Asuransi yang Tidak Aktif

Polis asuransi adalah hal penting untuk bisa membuat Anda mendapatkan hak dari pihak asuransi ketika terjadi masalah. Namun cerita akan menjadi lain ketika ternyata polisi asuransi yang dimiliki tidak aktif. Apabila hal tersebut sampai terjadi maka dipastikan klaim asuransi kendaraan bermotor akan mendapatkan penolakan.

Hal yang sama juga berlaku ketika Anda ingin memilih asuransi terhadap kegiatan haji atau umroh. Namun ternyata Alianz sedang mengadakan kampanye KadoUmroh Allianz yang berhadiah umroh gratis bagi mereka yang beruntung. Caranya adalah dengan mengirimkan cerita inspiratif dari orang yang menurut Anda pikir pantas untuk mendapatkan hadiah umroh.

  1. Melakukan Pelanggaran Lalu Lintas

Penerimaan klaim yang menyangkut asuransi jiwa dan investasi tentunya tidak boleh dilakukan sembarangan. Terutama ketika ternyata kesalahan berada di pihak Anda. Salah satunya seperti ketika Anda melakukan pelanggaran lalu lintas dan terjadi kecelakaan. Apabila kondisi terjadi maka pihak perusahaan asuransi berhak untuk menolak klaim asuransi dari Anda.

  1. Kendaraan Hilang oleh Orang Lain

Penyebab terakhirnya adalah kendaraan yang Anda miliki ternyata hilang karena orang lain. Sesuai peraturan dan perjanjian awal maka apabila hal ini terjadi maka bukan menjadi tanggung jawab pihak asuransi.

Jadi penting sekali bagi Anda dalam menjaga kendaraan bermotor yang dimiliki. Soalnya asuransi jiwa dan investasi memang bisa melindungi tapi mencegah tentunya lebih baik lagi. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *