Wisata Kuliner Seru dan Lezat ala Mataram

Risky Agung – Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan kuliner yang beragam. Tidak heran jika berwisata ke kota-kota di Indonesia, tempat wisata kuliner merupakan salah satu destinasi populer yang selalu dikunjungi turis dari dalam maupun luar negeri. Begitu pula saat mereka berkunjung atau berlibur ke Mataram.

(sumber : bello.id)

Nah, bagi Anda yang ingin berwisata ke kawasan ini, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Mataram Lombok yang kaya dengan kuliner lezat. Jangan lupa juga untuk mencoba beberapa kuliner seru khas Lombok berikut ini:

1. Sate Ikan Pasar Tanjung

Awalnya, sate yang berbahan dasar ikan ini hanya dimasak dan disajikan untuk upacara keagamaan atau adat. Tetapi seiring berjalannya waktu, sate ikan menjadi salah satu kuliner favorit wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Biasanya masyarakat setempat menggunakan ikan Cakalang atau Lagoan untuk membuat sate ini. Ditambah dengan beberapa bumbu khas, sate ikan memiliki cita rasa yang unik dan otentik.

Penjual sate ikan khas Mataram tersebut biasanya banyak ditemukan di daerah Lombok Utara, tepatnya di kawasan pasar atau terminal Tanjung.

2. Ayam Rarang

Selain Taliwang yang namanya sudah mendunia, Lombok memiliki kuliner khas berbahan dasar ayam lain dengan cita rasa istimewa. Kuliner tersebut disebut Ayam Rarang. Rarang sendiri merupakan hidangan ayam tumis yang disajikan dengan bumbu merah berminyak dan pedas.

Biasanya hidangan ini disajikan dengan semangkuk sayur bayam dan sepiring ayam goreng kering. Untuk menikmati hidangan khas ini, Anda bisa berkunjung ke warung atau rumah makan yang terletak di Lombok Timur.

3. Sate Rembiga

Rembiga merupakan hidangan sate yang berbahan dasar sapi dengan bumbu khas Mataram. Sate ini biasanya disajikan dengan lontong, pelecing kangkung, urap sayur, telur dadar, atau mi goreng. Keistimewaan sate ini terletak pada rasa manis pedas dan daging sapi yang empuk.

Nama Rembiga sendiri diambil dari tempat warung pertama yang menjual sate ini berdiri, yaitu Desa Rembiga. Soal kehalalan, Anda tidak perlu ragu, karena peternakan tempat bahan dasar sate dikembangbiakkan di Narmada telah mengantongi sertifikat halal dari MUI.

4. Ares

Siapa bilang pohon pisang hanya bisa diolah buahnya. Di Lombok, penduduk setempat mengolah batang pisang muda menjadi sayur lezat bernama Ares. Dulunya, Ares merupakan hidangan yang hanya bisa dimakan saat upacara adat. Tetapi kini, hampir di setiap warung kecil di Lombok, hidangan ini bisa dinikmati dengan mudah.

Batang pisang yang diambil biasanya dari jenis pisang Kepok. Untuk memasaknya, penduduk setempat akan merebus batang pisang dengan bumbu dan rempah khas, lalu menyajikannya hangat-hangat.

5. Nasi Sukaraja

Nasi Sukaraja merupakan hidangan berupa nasi campur yang terdiri dari berbagai macam lauk pilihan. Kuliner ini banyak ditemukan di daerah Sukaraja, Lombok. Lauk pada nasi khas tersebut dimasak dengan bumbu khusus dan santan kental. Uniknya, kebanyakan penjual nasi Sukaraja di Lombok masih menggunakan tungku tanah dan kayu bakar untuk menjaga cita rasa masakan.

Tidak heran jika rasa nasi campur khas Lombok ini berbesa dengan kebanyakan hidangan yang biasa kita makan di Warteg Ibu Kota.

Berwisata sambil makan enak tidak akan lengkap jika hotel tempat menginap tidak nyaman. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memesan hotel murah di Mataram melalui agen perjalanan online Airy Rooms. Keistimewaan hotel Airy terletak pada 7 jaminan fasilitas yang pasti ada di setiap hotelnya.

Fasilitas tersebut meliputi: tempat tidur, AC, TV layar datar, akses WiFi, air minum gratis, perlengkapan mandi, dan kamar mandi ber-shower air hangat. Jika memesan hotel melalui Airy, pembayaran bisa dilakukan dalam dua metode. Yaitu melalui transfer bank atau kartu kredit.

Semoga informasi tentang kuliner khas Mataram di atas bermanfaat, Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *