10 Tanda-tanda Hamil Muda yang Harus Dikenali Wanita

tanda-tanda hamil

Risky Agung – Awal kehamilan pada wanita sering kali tidak disadari, hal inilah yang terkadang membuat para bumil kehilangan masa-masa penting di dalam mengandung buah hati, karena baru sadar tengah mengandung janin ketika sudah memasuki usia kehamilan trimester kedua, padahal trimester pertama ini adalah tahapan yang paling penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan otak dan juga tubuh buah hati. Tanda-tanda hamil sendiri sebenarnya cukup mudah untuk dikenali, namun memang sering kali tidak disadari.

tanda-tanda hamil

Berikut inilah diantaranya tanda kehamilan yang patut untuk Anda ketahui, yaitu:

  1. Telat datang bulan, jika seandainya Anda rutin dalam melakukan hubungan seksual dan telat datang bulan, bahkan lebih dari seminggu dari tanggal seharusnya, maka wajib segera dilakukan pemeriksaan, karena bisa jadi ini sebenarnya adalah tanda kehamilan, karena sudah terjadi pembuahan dan juga zigot telah menempel ke dinding endometrium.
  2. Perubahan yang terjadi pada payudara dan juga puting, umumnya wanita yang tengah mengandung juga akan merasakan perubahan yang terjadi pada bagian payudara dan juga putingnya. Karena nantinya akan tampak jauh lebih besar dan juga padat. Juga terasa jauh lebih sensitif dibandingkan dengan sebelumnya, sehingga terkadang akan terasa nyeri saat disentuh.
  3. Keluarnya bercak darah dari vagina, namun bukan pendarahan yang hebat, hanya sekedar bercak darah kecoklatan, ini merupakan tanda telah terjadi pembuahan dan juga embrio tersebut berhasil tertanam di dalam dinding endometrium rahim, sehingga seterusnya maka ia akan tubuh dan berkembang didalam kandungan.
  4. Kram pada perut, sangat wajar jika seandainya pada saat hamil muda perut akan terasa kram, hal ini disebabkan karena terjadi implantasi embrio, sehingga berbarengan dengan munculnya flek ini akan disertai dengan kram pada perut. Kram ini intensitasnya ringan tidak seperti pada saat menstruasi dan juga terasa di bagian perut kiri bawah.
  5. Mudah lelah, wanita yang sedang hamil muda biasanya juga akan mulai merasakan tubuhnya jadi mudah lelah, apalagi jika seandainya kehamilan masih masuk usia 1 minggu. Hal ini disebabkan karena kadar hormon progesteron yang ada di dalam tubuh mengalami peningkatan secara drastis dan mulai merubah metabolisme pada tubuh, umumnya kadar gula darah juga akan ikut turun dalam masa ini, sehingga sangat wajar jika seandainya tubuh menjadi mudah lelah.
  6. Mual dan muntah, mual dan juga muntah ini pada dasarnya adalah hal yang sangat wajar dialami oleh wanita yang tengah hamil muda, biasanya setelah masuk ke minggu ke 6, namun jangan khawatir karena nyatanya gejala tersebut akan menghilang seiring dengan pertambahan usia kandungan.
  7. Lebih sensitif terhadap bau-bauan, kepekaan pada hidung menjadi lebih tinggi pada saat tengah hamil, jadi membuat mereka mudah sekali pusing dan juga mual jika seandainya mencium bau-bauan yang menyengat. Hal ini jugalah yang nantinya akan mempengaruhi wanita hamil sehingga mudah ngidam atau menginginkan sesuatu.
  8. Menjadi sering buang air kecil, pada beberapa wanita hamil muda ini juga membuat mereka lebih sering berkemih.
  9. Sembelit, kenaikan hormon progresteron pada wanita juga berdampak pada buang air besarnya, mereka akan jadi sembelit atau susah buang air besar.
  10. Mood swing, karena kondisi hormon yang berubah-ubah maka kerap kali wanita hamil mengalami mood swing atau perubahan mood, kadang bahagia namun juga terkadang sedih.

Itulah tanda-tanda hamil yang harus dikenali, lakukan pemeriksaan segera jika Anda merasakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *