5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi Kendaraan

asuransi kendaraan

Risky Agung – Kebutuhan asuransi kendaraan secara tidak disadari menjadi kebutuhan krusial bagi Anda yang memiliki mobil dan motor. Karena tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas menjadi alasan para pengemudi membutuhkan perlindungan asuransi. Ketika terjadi kecelakaan seharusnya ada biaya pribadi yang Anda keluarkan untuk perbaikan. Hal tersebut tidak berlaku apabila Anda membeli asuransi kendaraan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi Kendaraan

Saat ini banyak perusahaan yang menawarkan berbagai macam asuransi kendaraan. Bagi Anda yang memiliki mobil sebaiknya cermati terlebih dahulu sebelum menentukan asuransi mobil terbaik. Bila merasa belum berpengalaman membeli asuransi mobil, sebaiknya Anda mencari informasi kepada teman atau saudara yang pernah menggunakan asuransi.

Informasi dan pengetahuan akan pentingnya berasuransi perlu diiberikan kepada masyarakat luas. Tujuannya supaya masyarakat tidak enggan untuk berasuransi, karena kemudahan-kemudahan terus diberikan dan dikembangkan perusahaan. Hal ini tentu berhubungan dengan cara memilih asuransi kendaraan dengan tepat. Adapun hal-hal yang perlu dilakukan sebelum membeli asuransi mobil akan diuraikan di bawah ini.

asuransi kendaraan

1. Reputasi Perusahaan Asuransi

Ada banyak perusahaan asuransi yang bisa Anda pilih, namun tidak semuanya kredibel dan bisa menjadi solusi yang tepat untuk perlindungan kendaraan Anda. Maka dari itu, Anda membutuhkan perbandingan kredibilitas antar perusahaan-perusahaan asuransi.

Sebaiknya Anda mencari informasi pada situs resmi perusahaan untuk mengetahui tingkat penyelesaian keluhan nasabah yang mereka selesaikan. Satu hal yang tidak kalah penting, perhatikan bagaimana kesigapan perusahaan asuransi dalam mengatasi kondisi darurat. Simak juga asuransi mana yang memiliki banyak bengkel rekanan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

2. Produk yang Ditawarkan

Sebelum beli asuransi mobil sebaiknya Anda mengetahui porduk yang ditawarkan. Secara umum, terdapat dua jenis asuransi kendaraan yang bisa Anda pertmbangkan, diantaranya Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pertimbangkan baik-baik produk mana yang akan Anda pilih, tentu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Termasuk harus Anda ketahui juga terkait keuntungan dan risiko yang akan Anda dapatkan.

3. Keunggulan Produk Asuransi yang Ditawarkan

Dalam hal ini, perhatikan dan pertimbangkan bengkel rekanan yang ditunjuk perusahaan asuransi. Cek kesigapan bengkel tersebut, karena Anda akan berhubungan secara langsung bersama mereka apabila kendaraan Anda harus diperbaiki. Pastikan bengkel tersebut memiliki infrastruktur yang memadai serta layanan yang memuaskan.

Pilih bengkel rekanan yang memberikan jaminan garansi selama enam bulan untuk setiap hasil pengecatan. Selain itu, perhatikan spare part yang disediakan bengkel apakah suku cadang asli atau bukan. Usahakan bengkel rekanan tersebut memberikan layanan bantuan darurat 24 jam yang dilengkapi dengan tiga armada, yaitu mobil derek, mobil gendong, dan sepeda motor dengan teknologi terbaru.

4. Kemudahan Klaim

Sebagai pemilik asuransi kendaraan sudah sepatutnya Anda mendapatkan informasi yang jelas dari perusahaan asuransi. Jangan sampai ketika mengajukan klaim kendaraan terjadi permasalahan hingga ditolak perusahaan dengan alasan tidak tertanggung seperti yang tercantum dan diatur dalam polis. Dalam hal ini, pilih perusahaan asuransi kendaraan yang memberikan kemudahan dalam pengajuan klaim.

5. Fitur Layanan Digital

Di era yang serba digital ini berbagai kemudahan sudah melingkupi berbagai aktivitas, termasuk dalam hal berasuransi. Melalui layanan digital Anda akan mendapatkan kemudahan berupa melakukan laporan klaim, memantau proses perbaikan bengkel, hingga mengetahui status klaim hingga tahap penyelesaian.

Demikianlah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli asuransi kendaraan. Lima poin di atas penting untuk diperhatikan demi mendapatkan asuransi kendaraan terbaik. Maka dari itu, pilih perusahaan asuransi yang banyak memberikan kemudahan dalam menyelesaikan keluhan para nasabah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *