6 Bahan Alami untuk Menghilangkan Ketombe

menghilangkan ketombe

Risky Agung – Rasa percaya diri seseorang bisa meningkat karena dipengaruhi banyak hal. Selain karena individu tersebut memiliki mindset yang positif, rasa percaya diri juga dipengaruhi oleh penampilan. Inilah mengapa kita perlu memperhatikan penampilan, baik dari pemilihan pakaian yang bersih dan rapi hingga memperhatikan kebersihan rambut dan kulit kepala. Ya, akan menjadi keresahan tersendiri jika ternyata kamu memiliki ketombe. Tak perlu cemas, sebab dengan cara yang tepat, kamu bisa menghilangkan ketombe dengan mudah.

Apabila sebelumnya kamu sudah pernah mengalami permasalahan ketombe, mungkin tidak akan sulit untuk menerapkan cara yang sama. Lain halnya jika kali ini ketombe kamu terus membandel dan semakin membuat tidak nyaman, itu artinya kamu harus kembali memutar otak untuk segera mengatasinya.

menghilangkan ketombe

Bahan Alami untuk Atasi Ketombe

Tidak perlu buru-buru mengandalkan kosmetika rambut, ada banyak bahan alami di sekitar kamu yang bisa dimanfaatkan. Apa saja bahan-bahan yang bisa membantu kamu menghilangkan ketombe? Berikut ulasannya.

1. Minyak kelapa

Perlu diketahui bahwa minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak yang bersifat antijamur dan antimikroba, dimana kandungan ini mampu mengatasi mikroba yang menyebabkan munculnya ketombe. Sebelum keramas, sebaiknya kamu rutin memijat kepala menggunakan minyak kelapa. Setelah itu diamkan kurang lebih sekitar 60 menit kemudian bersihkan dengan shampo dan bilas hingga bersih.

2. Lidah buaya

Tanaman yang satu ini memang sudah sering diandalkan sebagai bahan perawatan rambut. Lidah buaya mempunyai kandungan pektin yang mana zat ini mampu membantu sel untuk membelah diri dan tumbuh sehingga kulit kepala bisa terhindar dari sel kulit mati yang mampu menjadi penyebab timbulnya ketombe.

Rutinlah mengoleskan gel lidah buaya pada rambut setiap sebelum tidur. Keesokan harinya bisa dibilas dengan air bersuhu suam-suam kuku.

3. Minyak zaitun

Bahan alami untuk menghilangkan ketombe selanjutnya adalah minyak zaitun. Penggunaannya cukup mudah, kamu cukup mengoleskan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala seperti halnya ketika memakai gel rambut.

4. Cuka apel

Cuka apel memiliki sifat asam yang bermanfaat menyeimbangkan pH sehingga bakteri dan jamur tidak bersarang di kulit kelapa. Manfaatkan cuka apel sebagai tonik, kemudian pijat lembut kulit kepala selama beberapa menit. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Apabila sudah, bilaslah dengan air dingin sampai bersih.

5. Tea tree oil

Tea tree oil atau dalam Bahasa Indonesia disebut minyak pohon teh ini memang populer sebagai bahan untuk mengatasi ketombe membandel. Tea tree oil ini mengandung antijamur, antibakteri serta oil controlling yang mampu membantu menghilangkan jerawat di kulit kepala yang biasanya juga diperparah dengan adanya ketombe kronis.

Gunakan tea tree oil ini ketika keramas. Caranya, campurkan beberapa tetes minyak pohon teh ini pada shampoo yang dipakai untuk keramas. Setelah itu pijat kepala hingga beberapa menit, selanjutnya bisa dibilas sampai bersih.

6. Sari jeruk nipis dan putih telur

Telur mengandung protein yang bagus untuk kesehatan rambut. Lalu untuk jeruk nipis mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit kepala. Lebih dari itu jeruk nipis ini mampu membantu produksi kolagen, melancarkan aliran darah pada kulit dan lainnya. Kombinasi dari kedua bahan ini mampu mengatasi permasalahan ketombe kamu.

Caranya mudah, kamu hanya perlu mencampurkan keduanya kemudian mengoleskannya pada rambut dan kulit kepala. Setelah 30 menit bisa langsung dibilas hingga bersih.

Demikianlah 6 bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala dan rambut. Tidak hanya bisa mengikis rasa percaya diri, adanya ketombe pada rambut juga akan membuat kamu sulit berkonsentrasi saat beraktivitas karena biasanya ketombe ini membuat kulit kepala terasa gatal-gatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *