Alasan Mengapa Aturan Ganjil Genap Dilakukan

ganjil genap tol

ganjil genap tol

Risky Agung – Penerapan aturan ganjil genap tol dilakukan sebagai salah satu cara untuk menghindari kemacetan. Sedangkan peraturan tersebut dilakukan pertama kalinya yaitu di pintu Tol Bekasi Timur dan Barat. Hal ini dikarenakan pada pintu tol inilah yang sudah menjadi jalan paling padat ketika jam kerja, yaitu di jam 06.00 sampai dengan jam 09.00. Melihat hal ini, maka pemerintah melalukan cara agar kemacetan di jalan tol tidak kembali terjadi.

Di jam-jam kerja itulah yang menimbulkan kemacetan di jalan tol. Di setiap paginya kendaraan yang melintas dari Bekasi dapat mencapai hingga 4,.400. melihat hal ini, maka pemerintah melaui cara dengan menyediakan transportasi umum seperti bus agar bisa sedikit mengurangi kepadatan lalu lintas di kala tol. Selain itu, Anda juga bisa melakukan sewa mobil dengan sopir jika Anda bukan orang asal Ibukota asli dan bingung dengan peraturan ganjil genap yang diberlakukan saat ini.

Dengan peraturan baru akan kehadiran bus atau transportasi umum, banyak masyarakat yang berantusias menyambut hal ini dengan senang hati. Karena jalan yang macet justru membuat fisik semakin terasa lelah. Ditambah lagi ketika di pagi hari harus berangkat kerja pagi-pagi sekali, maka perasaan yang buru-buru dapat menimbulkan hal buruk selama berada di jalanan. Apabila peraturan ganjil dan genap ini memberikan perubahan yang signifikan bagi pengguna jalan tol, maka peraturan ini akan terus diikuti pada pintu tol yang selanjutnya, yaitu Pondok Gede Timur, Tambun dan Pondok Gede Barat.

Peraturan ganjil genap tol mulai berlaku dari pukul 06.00 dan hanya akan ditetapkan selama hari kerja, yaitu hari senin sampai dengan hari jumat. Sedangkan pada saat hari pekan atau hari libur nasional, peraturan ganjil genap tidak akan diberlakukan. Hal ini dikarenakan pada hari pekan, kepadatan pengguna jalan tol tidak seperti pada jam kerja. Sehingga peraturan nya masih sama seperti biasanya tanpa harus memperhatikan ganjil genap.

Nah, jadi sekarang Anda lebih mengerti kan kenapa aturan ganjil genap ini diterapkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *