Apakah Porsi Sarapan Pagi yang Ideal Harus Banyak Atau Sedikit?

sarapan pagi

Risky Agung – Setiap orang wajib untuk mengonsumsi sarapan pagi setiap hari dan tidak boleh dilewatkan. Hanya saja banyak yang sering melewatkan sarapan karena kesibukan yang dimulai di pagi hari ataupun mengonsumsi sarapan dengan porsi dan nutrisi yang tidak seimbang. Sarapan yang asal-asalan tidak dapat memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas selama seharian penuh.

Sangat penting untuk mengonsumsi sarapan yang sehat dan bergizi setiap paginya agar tubuh memiliki energi yang cukup untuk dapat menjalankan aktivitas selama seharian penuh. Perlu diingat bahwa sarapan bukan hanya sekedar mengisi perut karena juga membutuhkan porsi yang seimbang agar ideal dan dapat membantu tubuh bekerja secara optimal saat beraktivitas.

Sarapan sehat setidaknya harus memenuhi 25% hingga 30% dari total AKG atau Angka Kebutuhan Gizi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya yang bukan hanya membutuhkan karbohidrat namun juga serat, lemak, protein, dan air agar bisa memberikan asupan yang cukup bagi tubuh dan otak untuk beraktivitas.

sarapan pagi

Porsi Ideal Untuk Sarapan Pagi

Ada baiknya untuk makan secukupnya saja, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit yang artinya makan sesuai dengan kebutuhan. Makan terlalu sedikit memang tidak baik karena tubuh akan meminta nutrisi yang lebih banyak pada jam makan selanjutnya namun makan terlalu banyak hingga terlalu kenyang juga tidak sehat untuk tubuh.

Untuk mengatur porsi sarapan yaitu dengan makan secukupnya saja pada jam makan yang seharusnya baik itu saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Anda juga bisa membagi piring menjadi 4 bagian untuk menentukan perbandingan zat gizi protein, karbohidrat dan lemak.

Untuk perbandingan gizi yang seimbang untuk sarapan yaitu ¼ piring untuk protein dan lemak hewani atau nabati, ¼ piring untuk karbohidrat, dan ½ piring untuk vitamin, mineral dan serat seperti sayuran atau buah-buahan. Protein dan lemak tetap harus memiliki porsi yang seimbang yaitu 1:1.

Pastikan juga kalori harian yang dibutuhkan tidak melebihi jumlah kalori yang dibutuhkan. Setiap orang membutuhkan energi kalori yang berbeda-beda namun umumnya wanita membutuhkan 1.200 kalori per hari dan untuk pria membutuhkan 1.800 kalori per hari dengan waktu makan yang terbagi menjadi 3 makan besar dan 3 makan ringan. Jadi untuk sarapan dibutuhkan sekitar 300 hingga 500 kalori.

Sarapan Pagi Sehat dan Bergizi Dengan Nestle

Nestle memang sudah dikenal sebagai perusahaan yang selalu mengeluarkan produk-produk yang sehat dan bergizi untuk tubuh bahkan bisa dikonsumsi oleh semua kalangan umur. Nestle selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik dan juga kesadaran kepada masyarakat bahwa hidup sehat itu sangat penting.

Nestle telah menghadirkan berbagai produk minuman dan makanan bergizi dan bernutrisi untuk bayi, anak-anak hingga dewasa yaitu susu, sereal, kopi, minuman coklat, minuman siap minum, permen, coklat, snack, makanan pendamping ASI, dan masih banyak lagi produk-produk lainnya.

Nestle akan mengajarkan betapa pentingnya gaya hidup sehat yang akan memberikan kesehatan bagi siapa saja dengan mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi seimbang setiap harinya dan juga tidak melewati sarapan agar bisa mendapatkan energi yang cukup.

Apabila anda bingung membuat sarapan pagi yang sehat dan bergizi, Nestle memiliki banyak pilihan resep sarapan pagi yang sehat dan mudah dibuat dengan informasi gizi pada setiap resepnya sehingga akan memudahkan anda dalam mengolah bahan makanan menjadi lebih bernutrisi dan memiliki gizi seimbang. Selain resep sarapan, Nestle juga memiliki banyak pilihan resep untuk makanan utama, bekal anak, selingan ringan, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *