Beberapa Pantangan Makanan Bagi Penderita Sakit Asam Urat

makanan bagi penderita sakit asam urat

Risky Agung – Tentu Anda pernah mendengar tentang gangguan asam urat, bukan? Ya, asam urat adalah masalah kesehatan yang menyerang bagian sendi. Seseorang yang terkena gangguan ini akan mengalami sakit di bagian sendi hingga bahkan tidak bisa beraktivitas. Selain itu, perlu diketahui bahwa ada pantangan makanan bagi penderita sakit asam urat yang tentu harus dihindari.

Mengetahui makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat adalah hal yang perlu. Ya, hal ini dikarenakan gangguan kesehatan ini salah satunya disebabkan karena faktor makanan dan pola konsumsi yang salah.

Lantas, apa saja makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Secara umum, untuk penderita asam urat, mereka harus menghindari makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi. Adapun beberapa jenis makanan yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut:

makanan bagi penderita sakit asam urat

1. Daging merah

Sebenarnya, daging merah tidak memiliki kandungan purin yang terlalu tinggi. Namun, tetap saja bahan makanan yang satu ini sebaiknya dihindari karena juga memiliki kandungan lemak yang tinggi. Nah, beberapa jenis daging merah, seperti daging sapi, kambing, unggas dan lainnya sebaiknya tidak dikonsumsi.

Jika Anda memang ingin mengonsumsi daging tersebut, maka usahakan untuk membuang bagian lemak. Tidak hanya itu, berusahalah untuk mengonsumsi daging merah dalam jumlah yang kecil.

2. Jeroan

Apakah Anda termasuk seseorang yang gemar menyantap jeroan? Jika ya, dan Anda memiliki riwayat asam urat, maka sebaiknya Anda mulai menghindarinya. Ya, jeroan adalah salah satu makanan pantangan yang harus dihindari bagi penderita asam urat.

Hal ini dikarenakan pada jeroan terdapat kandungan purin yang cukup tinggi sehingga bisa memicu peningkatan asam urat secara drastis di dalam tubuh. Tentu saja, jeroan yang dimaksud adalah segala jenis jeroan baik dari kambing ataupun sapi.

3. Sayuran

Pada umumnya, sayuran adalah bahan makanan menyehatkan yang sebaiknya dijadikan menu konsumsi harian. Namun, bagi penderita asam urat, sayuran bisa menjadi momok menakutkan yang harus dihindari.

Ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya tidak dikonsumsi jika Anda menderita asam urat. Beberapa jenis sayuran tersebut adalah bayam, jamur, kol dan juga kacang-kacangan. Mengonsumsi beberapa jenis sayuran tadi sama saja dengan meningkatkan risiko terserang asam urat.

4. Ikan

Sebagaimana sayuran, ikan sebenarnya juga termasuk makanan kaya gizi, terutama protein yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. Namun, konsep ini tentu saja tidak cocok untuk penderita asam urat.

Ya, jika Anda menderita asam urat, maka Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi ikan. Hal ini dikarenakan ikan memiliki kandungan purin yang cukup tinggi sehingga bisa memicu kenaikan kadar asam urat di dalam tubuh. Beberapa jenis ikan yang sebaiknya dihindari adalah ikan teri dan ikan tuna.

5. Sea food

Jika Anda menderita asam urat, maka Anda sebaiknya juga menghindari beragam jenis sea food. Memang, olahan sea food memiliki rasa yang nikmat untuk disantap. Hanya saja, beberapa jenis seafood seperti kerang dan kepiting memiliki kandungan purin yang cukup tinggi.

Kandungan purin inilah yang membuat Anda –sebagai penderita asam urat harus menghindarinya. Konsumsi sea food secara berlebihan hanya akan memperburuk kondisi kesehatan Anda.

Nah, beberapa poin di atas adalah beragam pantangan makanan bagi penderita sakit asam urat yang harus dihindari. Ganti gaya konsumsi Anda demi kesehatan yang lebih terjaga untuk aktivitas yang lebih lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *