Bola Sbobet Terkini – Loyalitas Supporter PSM

psm makassar

Risky Agung – Tentunya kita sudah tidak asing lagi mendengar kata supporter PSM? Ya supporter dari tim makasasar ini mempunyai loyalitas dan history yang sangat panjang di dunia persepakbolaan Indonesia. Menurut Sbobet, tim yang mempunyai kemampuan karakter yang cepat dan keras khas makassar yang kental melekat terhadap pemain pesepakbola kala berlaga di rumput hijau, dan menjadikan tontonan tersendiri. Supporter tim PSM menjadi juru kunci suksesnya permainan saat mendukung tim kesayanganya   berlaga bermain di hamparan rumput hijau baik laga tandang maupun kandang.

psm makassar

Totalitas supporter PSM makasar tidak pernah pudar untuk  mendukung tim jagoanya berlaga, mulai sejak era perserikatan sampai liga 1 ini. Totalitas yang di berikan buat tim kesayanganya tidak tanggung –  tanggung mulai dari dana mereka tidak pernah memikirkan biaya yang harus di keluarkan, dari segi waktu dan tenaga itu semua demi mendukung tim kesayanganya berlaga di atas hamparan rumput hijau, mereka rela mengorbankan apapun demi totalitas mendukung tim PSM makasar, terutama pada saat laga tandang di gelar. Padahal jalur yang mereka tempuh demi mengdukung tim kesayanganya sangat jauh, mereka hanya memiliki dua pilihan jalur air menggunakan kapal laut, jalur udara menggunakan pesawat terbang.

Seumpama mereka menempuh jalur laut dengan harga yang relatip murah, akan tetapi jarak waktu yang di tempuh sangat lama untuk pulang pergi, waktu yang di butuhkan jika menempuh jalur laut mereka harus sudah prepare satu pekan sebelum laga di gelar, itupun dengan catatan ada jadwal kapal laut yang berdekatan dengan jalanya liga di gelar. Sementara jika menempuh jalur udara menggunakan kapal terbang, dana yang harus di keluarkan biasa menembus tiga kali lipat dari menggunakan transportasi jalur laut.

Menurut sesepuh suporter PSM sejak era perserikatan,  Ujar karaeng Iskandar yang berusian 62 tahun tegasnya “ biasanya kami berangkat lebih dari sepekan sebelum  pertandingan di gelar, karena jadwal kapal laut yang memang begitu”. Tapi kalau mereka mendapat sponsor dari https://103.102.46.165/sbobet akan bisa menempuh jalur udara dan menghemat banyak waktu dan tenaga.

 Karaeng mempunyai histori dan kenangan bersama supporter yang lainnya saat mendukung tim kesayanganya sejak era perseriatan, ucapnya “sejak awal musim, kami menabung uang untuk persiapan menonton pertandingan PSM berlaga di senayan (gelora bungkarno). Kami yakin tim kesayangan kami pasti lolos berlaga di sana. Tapi kami juga harus mempersiapkan dana untuk mendukung tim kesayangan kami berlaga  tandang di penyisihan wilayah”  kata karaeng tegasnya.

Pada tahun 1992 adalah puncaknya keganasan dari tim PSM, namun sejak tahun 1996 PSM tidak lagi meraih trofi kejuaraan, saat berlaga melawan PSMS medan. Sebelum ke partai puncak , jaku eja mengalahkan persib bandung dengan skor 2-1 di partai semi final.

Lewat perpanjangan waktu yang di berikan oleh wasit akhirnya PSM meraih juara setelah menumbangkan PSMS dengan skor 2-1. Kemenangan tersebut sukses di rayakan dengan puluhan ribu supporter PSM yang memadati stadion gelora bung karno.

Di era liga 1, karaeng yang di sebut sesepuh supporter PSM dengan setia tetap mendukung PSM ketika tim yang di juluki jaku eja tersebut menggelar laga tandang, meski ia tidak seaktif dulu mengingat umurnya yang sudah bertambah tua.

Ucap karaeng “faktos usia juga berpengaruh bagi diri saya pribadi, saat ini saya lebih memilah laga tandang yang bisa  ditonton langsung, supporter angkatan saya sudah banyak yang tua dan juga banyak yang meninggal” tegas karaeng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *