Ini Manfaat Memberikan MPASI 9 Bulan pada Bayi

mpasi 9 bulan

Risky Agung – Saat usia bayi mulai tumbuh, pemberian ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka. Ya, bayi nantinya akan membutuhkan makanan penunjang agar pertumbuhannya menjadi lebih maksimal. Nah, makanan penunjang yang dimaksud adalah MPASI 9 bulan. Meskipun MPASI bisa diberikan saat 6 bulan, namun pada umur 9 bulan pemberian ini sifatnya wajib.

Sayangnya, walaupun MPASI adalah makanan penunjang yang cukup penting untuk bayi, namun beberapa orang tua belum mengetahui secara pasti manfaat dari MPASI ini. Oleh karena itu, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai manfaat dari MPASI di mana bisa dijadikan alasan kenapa Anda sebaiknya memberikan jenis makanan ini kepada bayi Anda.

mpasi 9 bulan

Ragam Manfaat MPASI Untuk Bayi

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari pemberian MPASI tersebut pada bayi. Adapun beberapa manfaat yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Memenuhi kebutuhan gizi bayi

Hal paling pertama kenapa menu MPASI 9 bulan menjadi penting untuk diberikan adalah karena bayi membutuhkan nutrisi untuk tumbuh. Pemberian MPASI ini bisa menjadi sebab bayi akan tumbuh dengan lebih baik. Nah, pada MPASI teradapat banyak kandungan yang sangat baik, seperti vitamin, mineral, protein, karbohidrat dan lainnya.

Zat-zat demikian adalah apa yang diperlukan oleh bayi agar mereka tumbuh lebih sehat dan ceria. Oleh karena itu, jika kebutuhan gizi tersebut dipenuhi, maka pertumbuhan bayi akan cenderung lebih lancar dan normal.

2. Mengenalkan jenis rasa pada bayi

Manfaat lain dari pemberian MPASI untuk bayi adalah mengenalkan rasa pada bayi. Selama mengkonsumsi ASI, maka bayi akan mengetahui hanya satu macam rasa saja, yaitu rasa cair. Tidak hanya itu, bayi juga hanya akan memahami satu bentuk makanan saja, yaitu makanan cair.

Nah, memberikan MPASI adalah salah satu hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Pemberian jenis makanan ini akan membantu bayi mengenal beberapa jenis rasa pada makanan. Lebih dari itu, bayi juga akan belajar dan mulai familiar dengan beragam bentuk makanan yang berbeda.

3. Melatih kemampuan mengunyah dan menelan makanan padat

Memerikan MPASI pada bayi adalah salah satu cara untuk melatih kemampuan bayi. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan untuk mengunyah dan menelan makanan padat. Ini adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebagaimana diketahui bahwa sistem pencernaan bayi belum sempurna dan terus menyesuaikan.

Dengan memberikan MPASI, maka sistem pencernaan bayi akan mulai terasah dan terbiasa untuk memproses makanan yang lebih padat. Selain itu, secara umum, pemberian MPASI pada bayi juga bisa melatih bayi untuk lebih mudah mengunyah.

4. Memudahkan proses sapih

Salah satu manfaat memberikan MPASI adalah akan memudahkan proses sapih atau menghentikan pemberian ASI nantinya pada bayi yang sudah berusia 2 tahun. Ini adalah hal yang sangat penting. Dengan memberikan menu MPASI 9 bulan, maka ada sumber makanan lain yang diinginkan oleh bayi.

Secara bertahap, pemberian MPASI akan mengurangi pemberian ASI pada bayi tersebut. Oleh karena itu, pada saat sampai di waktu sapih, maka bayi akan cenderung lebih mudah untuk mengalaminya dan tidak terjadi guncangan dalam hal konsumsi makanan yang mengandung gizi.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang manfaat dari MPASI 9 bulan yang perlu Anda jadikan alasan kenapa pemberian jenis makanan ini menjadi penting. Untuk pilihan menu MPASI, Anda bisa mengklik laman https://www.generasimaju.co.id/resep-mpasi-9-bulan dan dapatkan pilihan menu terbaiknya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *