Kebihan Komunitas Ibu Dan Anak Bagi Ibu Baru

komunitas ibu dan anak

Risky Agung – Komunitas adalah sebuah kelompok sosial yang terdiri dari beberapa organisme yang ada diberbagi lingkungan, umumnya komunitas ini memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia di dalamnya dapat memiliki maksud, preferensi, kebutuhan, kepercayaan, sumber daya, risiko dan sejumlah kondisi lain yang mirip bahkan bisa sama. Komunitas ini juga berasal dari bahasa Latin communitas yang memiliki arti kesamaan, kemudian dapat diturunkan dari kata communis yang memiliki arti sama. Di lingkungan sekitar tentunya kamu akan mendapatkan banyak ragam dari komunitas ini. Contoh yang paling sederhana misalnya kumpulan para ibu-ibu yang rutin mengadakan arisan sebulan sekali atau juga komunitas ibu dan anak, kumpulan ibu-ibu tersebut jelas sudah layak disebut sebuah komunitas dan kehadiran Internet juga tentunya semakin menambah keragaman komunitas ini karena komunikasi antar anggota tidak harus dilakukan secara tatap muka saja namun bisa juga dilakukan melalui media online seperti misalnya lewat sebuah forum diskusi online atau saat ini lebih populer di sebut obrolan group pada aplikasi chatting online.

komunitas ibu dan anak

Pengalaman pertama menjadi seorang ibu memang dipenuhi dengan berbagai tantangan dan juga berbagai tekanan. Hasil penelitian pada tahun 1992 dengan judul penelitian The Relationship Between Social Support And Maternal Behaviors And Attitudes: A Meta-Analytic Review, telah membuktikan bahwa dukungan dari teman dan keluarga tentunya bisa membantu ibu yang baru dalam mengatasi stres dengan lebih baik. Ibu yang mendapat dukungan dari keluarga dan dari komunitas cenderung memiliki kepercayaan diri sebagai orangtua yang lebih tinggi jika di bandingkan dengan ibu yang tidak memiliki dukungan. Hal tersebut karena para ibu yang bergabung komunitas ibu dan anak mereka tidak akan mengalami banyak kesulitan dalam mengakses informasi yang dibutuhkan.

Support system sangatlah penting bagi seorang ibu, seperti yang di katakana oleh ketua komunitas Orami yaitu Bunga Mega mengatakan bahwa kaum Ibu ini termasuk golongan yang rentan untuk merasa tertekan dan merasa depresi. Hal ini si sebabkan oleh tingginya ekspektasi masyarakat dan keluarga kepada seorang ibu. Oleh sebab itu sangat penting bagi seorang ibu untuk bisa menyalurkan emosi sesuai dengan porsinya.

Bila Tidak Ada Support System dan menjadikan seorang ibu tidak mendapatkan dukungan cenderung akan merasa stres dan juga gelisah. Bila hal tersebut tidak segera ditangani, maka bisa berujung pada depresi dan gangguan kesehatan mental lainnya bagi ibu tersebut. Pengalaman dari seseorag yang membuat stres cenderung mengurangi dukungan yang akan diterima. Hal ini diakibatkan oleh adanya reaksi alamiah orang untuk mundur dan kurang berusaha untuk mendapatkan bantuan yang dibutuhkan. Pengalaman ini biasanya terjadi saat orangtua merasa kewalahan bekerja dan sekaligus mengurus anak sehingga mulai jarang meluangkan waktu untuk teman dan juga keluarga. Semakin banyaknya dukungan sosial yang penuh kasih sayang jika mengelilingi orangtua dan bayi maka semakin sehat dan bahagia pula masa pertumbuhan si Kecil. Komunitas yang berisi sesama ibu sangat penting, karena jika berbicara dengan sesama perempuan memang terasa lebih nyaman.

Nah mungkin itu sedikit informasi yang bisa di sampaikan pada artikel ini tentang pentingnya sebuah komunitas ibu dan anak untuk kamu seorang ibu baru, semoga degan informasi yang ada pada artikel ini bisa menambah wawasan kamu dan menjawab pertantaan kamu. Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga informasinya bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *