Kegunaan Testing dan Commisioning Untuk  Genset Melalui Beberapa Tahapan

jasa teknisi genset Jakarta

Risky Agung – Testing dan commissioning untuk genset merupakan hal yang dilakukan untuk melakukan serangkaian tes pada genset. Dengan tujuan agar genset tersebut bisa memiliki performa yang terjaga. Selain itu, genset tersebut juga bisa menghasilkan energi listrik yang lebih optimal pada saat digunakan. Maka dari itu, pelanggan bisa menggunakan jasa teknisi genset Jakarta khusus untuk daerah Jakarta melalui sewatama.com.

Untuk tes dari jasa tersebut dapat diartikan sebagai salah satu bagian dari perawatan genset. Sehingga terjadinya aliran listrik yang putus suatu kawasan industri bisa dihindari. Adapun untuk commissioning genset yang lebih digunakan dalam memastikan bahwa genset berada dalam kondisi yang baik. Berikut paparan lengkap mengenai kegunaan testing dan commissioning genset melalui beberapa tahapan.

jasa teknisi genset Jakarta

1. Tes dan Inspeksi Konstruksi

Untuk tahapan yang pertama merupakan tes dan inspeksi konstruksi genset yang bertujuan untuk memastikan desain genset. Apakah desain genset sudah sesuai rancangan atau belum dan apakah sudah siap digunakan dalam kondisi darurat. Sehingga ada beberapa proses yang harus dilalui untuk tahapan ini dari berbagai area. Seperti inspeksi generator darurat, panel control, dan tangki bahan bakar.

2. Tes Kinerja Fungsional

Selanjutnya dengan melakukan tes kinerja fungsional yang dilakukan dengan beberapa langkah di lingkup area. Seperti inspeksi generator darurat yang bertujuan untuk uji beban tiruan dan uji output pengisian daya baterai. Area berikutnya adalah panel kontrol dengan tujuan untuk cek perlindungan sirkuit genset dan uji transfer beban. Untuk area terakhir yaitu tangki bahan bakar bertujuan untuk tes hidrolik.

3. Commissioning Genset Wajib

Setelah berbagai prosedur tersebut dilakukan, maka saatnya melaksanakan tahapan commissioning genset wajib. Di mana tahapan ini mencakup berbagai tes seperti tes insulasi, tes fungsi control, uji beban tiruan, dan pengukuran tingkat kebisingan. Selain itu, ada pula hal-hal yang perlu diperhatikan pada bagian genset di tahap ini seperti baterai, saklar, bahan bakar, oli, dan cairan pendingin.

Itulah beberapa ulasan mengenai kegunaan testing dan commissioning genset dengan melalui beberapa tahapan. Di mana setiap tahapan tersebut tentu memiliki kegunaan tersendiri dan bisa dilihat di website sewatama.com. Perlu juga diketahui bahwa prosedur atau tahapan yang dilakukan ini harus berkala. Sehingga sistem kelistrikan bisa siap menghadapi situasi darurat yang terjadi nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *