Kelelahan Ternyata Bisa Picu Penyakit Jantung

penyakit jantung

Riksy Agung – Penyebab penyakit jantung memang banyak. Anda tentu tahu biasanya karena jarang olahraga dan tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh adalah dua hal yang sering menjadi masalah. Akan tetapi, kelelahan ternyata bisa juga picu penyakit jantung.

Menurut dr. M. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter, kelelahan bisa mengakibatkan tidak primanya kondisi tubuh akibat dipaksa bekerja keras tanpa cukup istirahat. Biasanya disebabkan oleh banyaknya aktivitas seperti olahraga yang berlebihan, kurang tidur, atau tidak cukup istirahat. Bahkan, tidak pernah berolahraga pun dapat membuat tubuh kelelahan dan tidak fit.

penyakit jantung

Tapi perlu dicatat juga, kelelahan tak selalu fisik, melainkan mental juga berpengaruh. Ketika tubuh mengalami keduanya, maka tubuh akan mengalami stres dan ketika tubuh stres maka hormon stres akan dihasilkan oleh tubuh.

Salah satu contoh akibat kelelahan, bisa dibilang adalah kasus meninggalnya aktor sinetron Eddy Riwanto beberapa pekan lalu. Pemain sinetron Cinta Suci itu meninggal dalam tidurnya.

Kelelahan seperti itu memang sering dialami para pemain sinetron yang harus menjalani syuting dengan sistem stripping atau kejar tayang. Itu biasanya mengakibatkan mereka kurang istirahat.

Kalau tidur tidak berkualitas, akibatnya akan kelelahan dan kurang ada tenaga di hari berikutnya. Tetapi jika terjadi terus menerus, dampak kesehatan yang lebih serius akan terjadi seperti menurunnya konsentrasi dan susah berpikir.

Selain itu, tubuh juga akan mengeluarkan hormon stres. Kondisi ini berakibat pada meningkatnya denyut nadi, tekanan darah, asam lambung, gula darah, kolesterol, dan dapat menyebabkan obesitas. Beberapa hal tersebut sangat berkaitan dengan penyakit jantung.

Kondisi tersebut juga mempercepat proses penumpukan plak di dinding pembuluh darah dan dapat menyumbat aliran darah di jantung. Akibatnya terjadi penyumbatan yang menyebabkan terjadinya serangan jantung.

Selain kondisi kelelahan yang terjadi karena kurang tidur atau tidak beristirahat secara cukup, ada pula beberapa hal lain yang meningkatkan risiko serangan jantung. Beragam hal yang harus Anda waspadai adalah kebiasaan merokok, sering minum kopi, dan kurang olahraga.

Jadwal kerja yang padat juga bisa membuat orang abai dengan aktivitas olahraga sehingga. Jika tidak olahraga, orang akan rentan mengalami obesitas. Penambahan berat badan berlebihan ini juga pada akhirnya rentan memicu penyakit jantung.

Jadi, kelelahan juga picu penyakit jantung. Mulai sekarang perhatikan istirahat Anda. Selain itu, jaga juga kesehatan mental Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *