Pola Diet Sehat Yang Benar dan Baik Bagi Kesehatan

pola diet sehat

Risky Agung – Ketika berat badan sudah diatas normal, tubuh terasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Anda pasti ingin melakukan banyak hal untuk menurunkan berat badan. Diet menjadi salah satu cara menurunkan berat badan yang efektif. Ada berbagai jenis diet yang bisa anda lakukan. Tapi tidak semuanya baik bagi kesehatan. Diet tidak hanya mengurangi porsi makan, tapi serangkaian kegiatan yang membuat pembakaran lemak semakin optimal. Anda harus melakukan pola diet sehat yang benar, supaya kesehatan tubuh tidak terganggu.

Banyak orang yang melakukan diet dengan asal. Mengurangi makan dan perbanyak olahraga, akhirnya pola dietnya tidak berhasil. Berat badan turun tapi kesehatan tubuh terganggu. anda pun kekurangan energi, karena konsumsi makanan berkurang. Sebaiknya sebelum melakukan diet ketat, anda melakukan pemeriksaan ke dokter terlebih dahulu. Berikut ini beberapa pola diet sehat yang bisa anda lakukan dan baik untuk kesehatan tubuh.

pola diet sehat

Cari Pengganti Nasi

Prinsip orang indonesia, kalau belum makan nasi berarti belum makan. Padahal nasi mengandung gula dan karbohidrat yang tinggi. Jika konsumsi terlalu banyak, akan membuat berat badan anda naik. Jika anda ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk mencari makanan pengganti nasi. Misalnya oatmeal, kentang, jagung, ubi, beras merah, pasta dan masih banyak lainnya. gandum juga bisa menjadi pilihan tepat sebagai pengganti nasi. Pilihlah makanan yang kadar karbohidratnya rendah dan bisa membuat kenyang lebih lama. Di awal mungkin akan mengalami kesulitan, tapi setelah terbiasa anda akan tetap kenyang tanpa nasi.

Buat Menu Diet Sendiri

Anda tidak perlu meniru menu diet orang lain. karena setiap orang membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda. Anda bisa membuat menu diet sendiri dengan berkonsultasi ke ahli gizi. Buatlah menu diet selama satu minggu terlebih dahulu, kemudian ganti terus menerus. supaya anda tidak merasa bosan. Misalnya pagi hari sarapan oatmeal dan the hijau hangat. Siang hari nasi beras merah, sayur dan ayam. Malam hari sup kacang. Anda bisa tambahkan snack di waktu tertentu. Pilihlah snack yang sehat, seperti buah.

Kurangi Konsumsi Minuman Manis

Minuman manis mengandung gula dan lemak tinggi. Jika ingin menurunkan berat badan yang sehat, anda harus mengurangi konsumsi minuman manis. Apalagi minuman manis yang dalam kemasan. Karena kandungan gulanya sangat tinggi dan mengandung bahan pengawet. Cobalah untuk perbanyak konsumsi air putih. Jika ingin minuman lain, bisa konsumsi jus tanpa gula atau teh hijau. Anda boleh minum kopi, susu dan minuman manis lainnya. namun perhatikan takaran gulanya.

Kurangi Ngemil

Jika selama ini anda sering ngemil makanan ringan. Seperti keripik, roti, dan snack lainnya. cobalah ganti cemilan anda dengan makanan yang lebih sehat. Seperti buah, salad, agar-agar dan masih banyak lainnya. dengan ngemil makanan sehat, akan membuat kenyang lebih lama dan anda tidak ingin makan makanan asin terus menerus.

Jangan Lupa Olahraga

Jangan pernah lupakan olahraga rutin setiap hari. diet tanpa olahraga akan sia-sia saja, karena lemak didalam tubuh tidak terbakar dengan sempurna. untuk menjalankan diet sehat, anda harus melakukan olahraga minimal 30 menit setiap harinya. Tidak perlu melakukan olahraga berat. Jogging, bersepeda atau senam aerobik sudah bisa membakar lemak di tubuh.

Diet sehat yang baik harus dilakukan dengan displin dan rutin. Sehingga anda bisa memiliki tubuh yang lebih sehat dan bentuk yang lebih ideal. Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *