RS PMI Bogor: Ulasan Lengkap Seputar Penyakit Anemia yang Perlu Anda Pahami

RS PMI Bogor

Risky Agung – RS PMI Bogor merupakan tempat untuk melakukan kegiatan donor darah. Syarat dalam melakukan donor darah adalah berusia 17-60 tahun dan jika berusia 17 tahun maka wajib memiliki izin tertulis dari orangtua dan memiliki berat 45 Kg. Kesehatan pendonor akan memberikan kualitas darah yang baik sehingga suhu tubuh pendonor setidaknya 36,6-37,5 derajat Celcius. Tekanan darah untuk pendonor 100-160 sistolik dan 70-100 diastolik, dengan denyut nadi sekitar 50-100 setiap menitnya, dan kadar hemoglobin setidaknya 12gr/dl bagi wanita dan 12,5gr/dl bagi pria. Pendonor dapat melakukan donor darah 5 kali dalam setahun yang memiliki jangka waktu 3 bulan dan jika berada dalam pengobatan maka sebaiknya jangan melakukan donor darah.

RS PMI Bogor

Manfaat donor darah adalah untuk tetap menjaga kesehatan jantung karena jumlah zat besi dalam darah akan lebih stabil dan dapat merangsang dan menstimulasi pembentukan sel darah merah yang baru. Donor darah juga dapat membantu menurunkan berat badan karena sekali donor sama dengan pembakaran 650 kalori. Secara psikologis, melakukan donor darah membuat seseorang menjadi lebih baik dan menjauh dari stress karena membantu kehidupan orang lain dan memiliki rasa bahagia karena memberikan darah untuk menyelamatkan orang lain. Donor darah juga dianggap sebagai pendeteksi penyakit pendonor sehingga dapat diantisipasi penularan penyakitnya saat melakukan transfusi darah.

Donor darah di RS PMI Bogormemiliki manfaat dalam menurunkan resiko kanker seperti hati, paru-paru, usus besar, kerongkongan dan perut. Melakukan donor darah akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan karena petugas PMI akan memeriksa nadi, suhu tubuh, tekanan darah dan juga kadar hemoglobin dalam tubuh pendonor. Pendonor juga akan diuji beberapa penyakit seperti sipilis, HIV, hepatitis B dan C, serta trypanosoma cruzi. Kesehatan organ hati tetap sehat dengan zat besi yang stabil dan jumlahnya tidak akan berlebih dari kebutuhan tubuh. Donor darah akan membantu pendonor mencegah penuaan diri karena akan terus melakukan regenerasi darah dan lebih panjang umur serta mampu menurunkan kadar lipid sehingga mencegah kolesterol.

Setelah melakukan donor darah maka pendonor harus menunggu 3 bulan supaya tidak mengalami anemia. Anemia merupakan gejala tubuh kekurangan darah sehat sehingga tubuh menjadi mudah lelah dan pucat. Anemia biasanya disebabkan oleh produksi sel darah merah berkurang, hancurnya sel darah merah yang cepat dan kehilangan darah berlebihan. Anemia dapat terjadi karena kekurangan zat besi, terjadi juga saat masa kehamilan karena ibu hamil memiliki hemoglobin yang rendah, anemia juga terjadi jika mengalami pendarahan berat dalam waktu yang lama. Anemia dapat terjadi karena kerusakan sumsum tulang, terjadi juga karena hancurnya sel darah karena kanker darah maupun infeksi bakteri.

Berikut adalah buah penambah darah:

  • Jeruk dengan kandungan vitamin C dan asam folat yang membantu penyerapan zat besi dan menangkal radikal bebas yang membuat penuaan cepat.
  • Anggur dengan vitamin A untuk membentuk sel darah merah yang dikonsumsi sebagai salad dan juga jus.
  • Strawberry dengan kandungan antioksidan sebagai pembantu dalam menghasilkan sel darah merah dan melindungi sel-sel tubuh.

RS PMI Bogorjuga merekomendasikan buah semangka yang dapat mencegah tubuh kehilangan cairan dan mengandung serat serta mudah dalam menyerap zat besi. Delima merupakan buah penambah darah dengan kandungan zat besi dan vitamin beragam untuk kesehatan tubuh. Begitu juga dengan buah kurma dan jambu biji yang melindungi dan meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah saat mengalami anemia terutama untuk anemia yang dialami oleh ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *