Tahap Perawatan Trafo

perawatan trafo

Risky Agung – Trafo merupakan komponen penting dalam sistem kelistrikan, apalagi pada perusahaan, perkantoran, atau pabrik yang memiliki sistem kelistrikan yang cukup besar, tentunya keberadaan trafo memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas aliran listrik. Nah trafo juga penting untuk dilakukan perawatan sehingga tidak memunculkan berbagai masalah dalam sistem kelistrikan. Melakukan perawatan pada trafo bukanlah hal yang mudah sehingga perlu dilakukan oleh orang yang ahli dibidangnya. Nah bagi Anda yang membutuhkan jasa perawatan trafo, Anda dapat menghubungi Sewatama yang merupakan perusahaan yang sudah sangat berpengalaman di bidang kelistrikan.

Perawatan atau kontrol pada trafo secara rutin adalah hal yang harus dilakukan mengingat resiko besar akan terjadi apabila terjadi kerusakan pada trafo yang tidak segera mendapatkan perbaikan. Kemungkinan seperti melemahnya tegangan listrik, munculnya letupan api yang dapat menyebabkan kebakaran, hingga kemungkinan terburuk adalah meledaknya trafo. Nah dalam hal ini Anda bisa menggunakan tenaga ahli dari Sewatama untuk melakukan perawatan trafo dengan baik. Anda dapat memesan berbagai layanan kelistrikan dari Sewatama dengan mudah dan cepat yakni melalui situsnya di https://sewatama.com/id/.

perawatan trafo

Kapan Idealnya Melakukan Perawatan Trafo?

Perawatan trafo memang harus dilakukan secara rutin sehingga apabila terjadi kerusakan akan segera terdeteksi dan mendapatkan penanganan terbaik. Dalam hal ini terdapat beberapa jangka waktu dalam melakukan perawatan trafo yang diantaranya sebagai berikut:

1. Jangka waktu 1 tahun sekali

Dalam jangka waktu satu tahun sekali ini, ada beberapa bagian yang harus dilakukan perawatan mulai dari pemeriksaan bagian luar trafo yang meliputi mur baut dan kondisi tangki yang harus dipastikan bahwa tidak ada kebocoran atau korosi. Kemudian pemeriksaan sambungan kabel, ketinggian permukaan oli, pembersihan isolator terminal, tangki, dan juga radiator trafo juga harus dilakukan.

2. Jangka waktu 3 tahun sekali

Dalam jangka waktu ini terdapat beberapa bagian yang harus dilakukan perawatan mulai dari suhu trafo, tinggi permukaan oli, kualitas tegangan tembus oli, silica gel pada trafo conservator, pengukuran tingkat isolasi minyak, dan sebagainya.

Nah dalam hal ini Anda dapat menggunakan tenaga ahli dari jasa perawatan trafo Sewatama untuk memberikan perawatan terbaik pada trafo Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *