Tips Dalam Memilih Berita Yang Baik Dan Benar

aplikasi berita terbaik

Risky Agung – Era digital ini kita bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah yaitu dengan mengakses internet dan mencari berita di aplikasi berita terbaik. Di internet banyak sekali informasi dengan jumlah ratusan hingga ribuan yang tayang sehingga memudahkan kita mencari informasi yang kita inginkan. Akan tetapi banyaknya informasi tersebut tidak serta merta layak kita konsumsi begitu saja karena banyak berita bohong atau hoax yang tersebar. Seiring banyaknya berita di internet membuat kita bingung terkait informasi yang akan kita dapatkan apakah benar atau hoax.

Sebagian orang dalam mencari informasi dengan mengakses situs berita yang asli dan jelas validasinya. Mereka selalu cermat dan tidak terpengaruh oleh berita-berita yang bohong. Terlepas ada atau tidak adanya situs palsu, ada juga situs asli yang memberitakan informasi menyesatkan. Nah untuk itu bagaimana kita mencari informasi yang benar?  Berikut kami akan berikan informasi cara memilih berita yang benar.

aplikasi berita terbaik

1. Berdasarkan Sumbernya

Untuk mencari berita yang benar dan actual sebaiknya kita mencari situs yang jelas kredibiltasnya seperti Idntimes.com, detik.com, kompas.com dan masih banyak lagi. Karena situs tersebut sudah jelas dan tervalidasi keabsahan isi informasinya. Situs besar tersebut mempunyai wartawan atau reporter professional sehingga mendapatkan informasi langsung dari sumbernya. Karena reporter akan mempertaruhkan nama besar perusahaan jika informasi yang mereka sajikan tidak valid atau memberikan berita bohong karena jika bermain curang dan ketahuan maka reputasi nama situs tersebut hancur dan orang orang tidak akan membaca informasi dari situs yang bersangkutan.

Masalah ini juga sering kali ada di media sosial yang selalu ada akun membagikan informasi setiap harinya dengan informasi terkadang tidak jelas asal usulnya.maka dari itu kita jangan mudah percaya dan selalu menyaring berita agar tidak mudah terjebak oleh berita Hoax. Dan juga situs besar kini mempunyai aplikasi berita smartphone seperti IDN yang bisa kamu download di Playstore sehingga bisa mencari informasi kapanpun dimanapun.

2. Carilah Berita Yang Serupa

Jika ada sebuah kejadi penting baik itu politik, bisnis, olahraga atau apapun pasti akan diberitakan. Berita tersebut pasti akan dimuat di beberapa situs ternama contohnya berita politik, terkadang berita politik yang kita dapat informasinya selalu menyudutkan atau memenangkan suatu pihak. Oleh karena itu kita harus cermat dan tidak termakan berita hoax tersebut. Berita yang baik itu netral dan memberikan berita sesuai dengan fakta. Meskipun kejadian sama yang ditulis oleh beberapa situs hanya kata saja yang berbeda.

Meskipun judul dan isi konten sesuai, kita juga tetap harus berhati-hati jika ingin membagikan informasi baik media sosial ataupun berkomunikasi secara langsung. Dengan membandingkan satu berita terkini dari dua atau lebih dari berbagai situs maka akan mengetahui bobot sudut pandang konten yang mereka sajikan. Apakah pro, kontra, atau netral, kamu bisa mengetahuinya.

3. Waspada Kata-Kata Provokatif

Berita yang baik adalah berita yang disampaikan transparan dan sesuai dengan fakta yang ada dilapangan tanpa ditutup-tutupi. Bila ada kata-kata dari sebuah sumber, maka kata-kata tersebut juga harus diberitakan sebagaimana adanya dan tidak ditambahkan atau dikurang-kurangi. Proses editing berita juga penting, karena penulis berita tidak boleh menambah-nambahkan kata yang bersifat provokatif. Kebijaksanaan dan kedewasaan pembaca sangat diperlukan disini.

Sebagai pengguna internet, kita terkadang sangat sensitive dan terpancing dalam menyikapi isu-isu berita tertentu. Belum lagi isi informasi tersebut mengandung unsur SARA dan hal negative lainyya sehingga memicu konflik banyak orang. Oleh karena itu kita sebagai pengguna internet yang bijak sebaiknya berhenti berkomentar kata-kata yang tidak pantas atau menshare berita yang bisa memunculkan adu domba. Sebaiknya share informasi yang bermanfaat dan mendidik agar menciptakan informasi yang bersih.

Itulah beberapa tips dalam memilih berita yang baik dan benar. Sebagai pengguna internet bijaklah menyaring informasi agar tidak termakan berita bohong atau hoax. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *