Ukuran Dapur Kecil? Ini 7 Kiat Jitu Memilih Kitchen Set Minimalis

jasa desain interior

Risky Agung – Jangan jadikan ukuran dapur yang kecil sebagai halangan bagi Anda, untuk mendesain ruangan dapur tersebut menjadi lebih indah dan tertata. Asalkan tepat dalam pemilihan desainnya, dapur yang tadinya sempit akan tetap bisa memiliki nilai estetikanya sendiri. Agar lebih mudah dalam mendesain dapur minimalis Anda nantinya, ikuti 7 tips memilih kitchen set minimalis berikut ini.

jasa desain interior

1. Pilih Desain yang Tepat untuk Dapur Berukuran Minimalis

Pemilihan desain dapur merupakan langkah pertama yang harus dilakukan agar kitchen set yang dipilih nantinya bisa tepat guna. Beberapa desain dapur minimalis yang bisa Anda gunakan adalah desain berbentuk L (L-shaped) atau desain one wall. Setelah menentukan desainnya, Anda bisa mengukur berapa sekiranya luas ruang yang bisa dipakai untuk meletakkan kitchen set tersebut.

2. Pilih Kitchen Set dengan Warna yang Sama

Agar dapur kecil Anda makin terlihat indah, baiknya Anda memilih kitchen set yang memiliki warna serupa. Warna yang sama pada kitchen set akan menciptakan harmoni dan menyiratkan kesan indah saat Anda memandanginya. Jika ingin menggunakan dua warna, pilihlah warna yang hampir serupa, seperti putih dan abu-abu. Warna terang sangat disarankan untuk dipakai di dapur minimalis.

3. Belilah Peralatan Kitchen Set secara Satuan

Ada kalanya, peralatan yang termasuk dalam kitchen set tak terlalu Anda butuhkan atau memakan ruang yang terlalu banyak. Untuk menyiasati hal tersebut, Anda bisa memilih untuk membeli peralatan kitchen set tersebut secara terpisah atau satuan. Jadi, tak semuanya harus Anda beli dan diletakkan di dapur. Cara ini tak hanya menghemat ruang dapur saja, namun juga bujet yang dikeluarkan.

4. Pilih Rak Kabinet yang Dilapisi dengan Kaca

Salah satu cara agar dapur Anda bisa terlihat lebih luas adalah dengan menggunakan kabinet atau lemari yang dilindungi dengan kaca. Dengan begini, kabinet menjadi terlihat transparan dan Anda bisa langsung melihat peralatan yang tersusun rapi di dalamnya. Tak hanya itu, pemilihan kabinet dengan pintu kaca akan memberikan perasaan lega, karena dapat merefleksikan cahaya dengan baik.

5. Gunakan Kitchen Set Berbentuk Gantungan

Agar ruangan dapur Anda terasa lebih tinggi, ada baiknya Anda menggunakan kitchen set yang berbentuk gantungan. Pasang kitchen set tersebut di langit-langit dapur Anda. Cara ini dipercaya dapat memberikan kesan ruangan jadi lebih tinggi dan lebih luas, terutama saat Anda memandang ke atas. Anda bisa menempatkan peralatan masak yang jarang digunakan di gantungan tersebut.

6. Pilih Kitchen Set yang Berwarna Putih

Jika memungkinkan, pilihlah kitchen set yang berwarna putih. Warna putih dapat memaksimalkan cahaya di dapur Anda, sehingga membuatnya terlihat lebih terang dan lapang. Anda tak perlu takut kitchen set dengan warna putih ini akan cepat kotor, karena terdapat banyak material kitchen set yang mudah dibersihkan.

7. Pilih Kabinet yang Terdiri dari Banyak Laci

Agar dapur bisa dihemat penggunaan ruangnya, ada baiknya Anda memilih kabinet yang terdiri dari banyak laci. Dengan begini, Anda bisa menyimpan banyak peralatan dapur berukuran kecil, seperti pisau, sendok, dan lainnya, dalam laci tersebut. Jangan penuhi countertop dengan beragam peralatan dapur, karena hanya akan membuatnya makin terlihat sempit.

Itulah tadi 7 tips yang bisa Anda ikuti dalam memilih kitchen set bagi dapur Anda yang berukuran minimalis. Pemilihan kitchen set yang tepat dapat membuat ruangan dapur yang berukuran kecil, terasa lebih lega dan lapang. Agar dapur makin terlihat estetis, Anda bisa gunakan jasa desain interior dari Fabelio, yang sudah berpengalaman dalam hal mendesain dapur minimalis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *